Sabtu, 08 Desember 2012

TANYA JAWAB PEMASARAN STRATEGIK


TANYA - JAWAB    PEMASARAN STRATEGIK ( Prof.Dr. Ir  Ujang Sumarwan, MSc )

BAB 8 : PERENCANAAN PASAR STRATEGIS ( Hal 218 – 223 )
Tugas an. Uri Anjarwati ( NIM. P0561111973.10EK) 



1.      Pada perencanaan strategi pasar ofensif dan pengaruh kinerjanya pernyataan mana yang paling benar :

a.       Rencana strategi pasar ofensif lebih berorientasi pada strategi defensif daripada pertumbuhan, dan keduanya sering terjadi di dalam pasar atraktif

b.      Rencana strategi pasar ofensif lebih berorientasi pada pertumbuhan dari pada strategi defensif, dan keduanya sering terjadi didalam pasar atraktif.

c.       Didalam pasar atraktif, dapat diketahui adanya perencanaan strategi pasar ofensif tetapi tidak terdapat strategi defensif

d.      Rencana strategi pasar ofensif hanya terdapat pada pasar atraktif saja.

2.      Didalam perhitungan kinerja actual diketahui bahwa pendapatan penjualan merupakan factor perkalian dari :

a.       Keuntungan kotor dengan persentase margin

b.      Prosentase margin dengan pangsa pasar

c.       Pangsa pasar dengan biaya pemasaran

d.      Permintaan Pasar dengan pangsa pasar

3.      Taksiran kinerja dari strategi ofensif untuk pertumbuhan pasar dapat dilihat dari beberapa perhitungan dibawah ini kecuali :   

a.       Pendapatan penjualan = Permintaan pasar x pangsa pasar

b.      Keuntungan kotor  = Pendapatan penjualan x persen margin

c.       Kontribusi pemasaran bersih  = keuntungan kotor – pajak

d.      Kontribusi pemasaran bersih = keuntungan kotor - biaya pemasaran, penjualan dan administrasi

4.      Analisis portofolio diciptakan berdasarkan keaktratifan pasar dan keunggulan kompetitif. Tiap dimensi diciptakan dengan sebuah ideks yang berdasarkan pada beberapa kegiatan utama yang membentuknya. Sedangkan keunggulan kompetitif pasar diindeks berdasarkan dimensi dibawah ini kecuali :

a. Akses pasar ( kekeluargaan pelanggan, akses jaringan, sales force requirement)

b. Biaya dari keunggulan ( Biaya unit, biaya transaksi, pengeluaran pemasaran )

c. Keunggulan deferensiasi ( kualitas produk, kualitas layanan, nama baik produk)

d. Keunggulan pemasaran ( pangsa pasar, penghargaan produk, control jaringan

5.      Perencanaan strategi pasar yang defensif dirancang untuk melindungi posisi penting strategi pasar,  tujuan lain dari strategi tersebut adalah :

a.       Memperluas kontributor untuk aliran dana jangka pendek dan kinerja keuntungan.

b.      Memperluas distribusi aliran kas jangka panjang.

c.       Membatasi segmen pasar tertentu sehingga dapat memaksimalkan keuntungan.

d.      Investasi untuk memperbaiki dan atau memperkuat posisi persaingan.

6.      Rencana strategi pasar defensive meliputi perlindungan atau penurunan posisi pasar dalam pasar nyata, pernyataan dibawah ini benar kecuali :

a. Rencana strategi pasar defensive dapat juga meliputi monetizing atau aliran dana maksimum atau harvestizing / divesting posisi pangsa pasar dalam pasar nyata.

b. Rencana strategis pasar definsif merupakan sumber kritis dari aliran dana jangka pendek dan kinerja keuntungan.

c.   Rencana strategis pasar definsif mendefinisikan level arus saham , penjualan, dan kinerja keuntungan.

d.   Pernyataan ( c  ) salah

7. Sebagai pemimpin pasar ( market leader ) Dell Computer yang telah berkembang dari college dorm-room  tahun 1984 sampai dengan posisi nomor satu penjualan personal computer PC global tahun 2000, dengan strategi ofensif yang dinilai sangat menguntungkan. Selanjutnya langkah apakah yang harus dilakukan untuk mempertahankan posisinya.

a. Merancanakan strategi defensif untuk melindungi dan mempertahankan posisi kepemimpinan pasarnya sebagai pasar PC  dengan melakukan monetizing atau aliran dana maksimum atau harvestizing / divesting.

b.   Investasi untuk memasuki pasar atraktif baru dengan produk yang sama.

c.   Mengatur produk untuk aliran dana jangka panjang yang maksimum.

d. Mengoptimalkan volume harga dan sumber daya pemasaran tanpa mempertimbang  kan resiko

8.   Pernyataan dibawah ini benar kecuali :               

a. Perencanaan pasar dapat berupa ofensif atau defensif.

b. Perencanaa yang ofensif melipiti strategi penetrasi pasar untuk meningkatkan posisi saham, penjualan, dan keuntungan jangka panjang.

c. Strategi pasar yang defensif, dapat meliputi investasi untuk tumbuh, investasi yang selektif, market entry, dan mengembangkan pasar baru.

d.  jawaban a dan b benar

9 Dalam upaya memasuki segmen pasar yang baru konsumen menengah ke bawah, dibutuhkan taktik pemasaran yang berbeda dari strategi pemasaran produk untuk kalangan menegah ke atas, apa saja yang perlu disiapkan guna tercapainya tujuan pemasaran tersebut.

a. Harga produk yang bersaing dan lebih rendah dari competitor.

b. Kualitas produk harus lebih baik dari competitor.

c. Menyediakan tipe produk dan harga yang berbeda untuk mencapai sebuah posisi yang atraktif untuk  mendapatkan pelanggan dan dapat bersaing ditingkat produk – harga.

d.  jawaban (a) dan (b) benar

   10.  Tingkat objectivitas kinerja dari rencana strategi pasar akan tercapai tergantung pada :

            a.   Prediksi kenaikan penjualan actual

            b.  Efektifitas strategi pemasaran yang taktis, yang dirancang untuk mendukung rencana strategi pasar.

            c.   Pertumbuhan pendapatan penjualan semakin meningkat.

            d.   Pilihan suatu strategi pasar yang sesuai dengan segmen pasarnya.

   11.   Definisi yang tepat untuk rencana strategi ofensif  yang paling tepat adalah :

            a. Rencana strategi ofensif membutuhkan investasi untuk berkembang, yang membatasi kinerja keuntungan jangka pendek, membangun pendapatan penjualan dan memperbaiki posisi saham .

            b. Merupakan sumber kunci kinerja keuntungan jangka pendek tetapi tidak memberikan kontribusi terbesar dalam pertumbuhan pendapatan penjualan

            c. Merupakan sumber kunci kinerja keuntungan jangka pendek tetapi tidak memberikan kontribusi terbesar dalam pertumbuhan atau saham jangka panjang, dan kinerja keuntungan.

            d. Strategi pemasaran untuk membangun pendapatan penjualan dan memperbaiki saham dengan tidak membatasi keuntungan angka pendek.

   12.    Definisi yang tepat untuk rencana strategi pasar defensif yang paling tepat adalah :

            a. Strategi pemasaran untuk membangun pendapatan penjualan dan memperbaiki saham dengan tidak membatasi keuntungan angka pendek.

        b. Merupakan sumber kunci kinerja keuntungan jangka pendek tetapi tidak memberikan kontribusi terbesar dalam pertumbuhan pendapatan penjualan atau saham jangka panjang, dan kinerja keuntungan.

        c. Merupakan sumber kunci kinerja keuntungan jangka panjang dengan memberikan kontribusi terbesar dalam pertumbuhan pendapatan penjualan.

            d. Rencana strategi ofensif membutuhkan investasi untuk berkembang, yang membatasi kinerja keuntungan jangka pendek, membangun pendapatan penjualan dan memperbaiki posisi saham .

13.  Dalam menganalisis portofolio berdasarkan pada keatraktifan pasar dan keunggulan kompetitif yang menghasilkan portofolio pasar produk, tidak akan berhasil tanpa adanya analisa lain yang sejalan, dibawah ini terdapat hal hal yang sangat mendukung analisa tersebut kecuali :

           a. Arus kerja dengan memperhatikan posisi saham,

           b. Biaya overhead

           c. Pendapatan penjualan

           d. Kontribusi pemasaran bersih

14.  Strategi apa yang harus direncanakan apabila pada suatu pasar produk sudah tidak terdapat keatraktifan dan terjadi kemunduran.

a. Strategi  harvest ,

b. Strategi monetize,

c. Strategi Ofensif

d. Strategi defensif

15.   Analisis portofolio diciptakan berdasarkan keaktratifan pasar dan keunggulan kompetitif. Tiap dimensi diciptakan dengan sebuah ideks yang berdasarkan pada beberapa kegiatan utama yang membentuknya. Sedangkan keaktratifan pasar diindeks berdasarkan :

         a. Akses pasar ( kekeluargaan pelanggan, akses jaringan, sales force requirement)

         b. Kekuatan Pasar ( ukuran, pasar, pertumbuhan, dan kekuatan pembeli )

         c. Tingkat persaingan ( persaingan harga, kemudahan dalm masuk pasar, substitusi )

         d. Semua jawaban benar

16. Masing-masing rencana strategis pasar perlu berhubungan dengan rencana pemasaran taktis. pernyataan mana yang paling benar.

a. strategi dengan mempertimbangkan perhitungan biaya dari keunggulan

b. Suatu strategi bauran pemasaran ( produk, harga, empat, dan promosi ) dan alokasi sumber daya  (anggaran pemasaran) yang menetapkan detail taktis bagaimana rencana strategi pasar akan tercapai.

c. Startegi yang diindek pada kekuatan pasar.

d. Strategi yang memperhitungkan tingkat persaingan pasar.

       

 

 

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar